Sharing Terus Tanpa Batas

Perbedaan Difusi dan Osmosis Beserta Contohnya Lengkap

Perbedaan Difusi dan Osmosis – Hai sobat ilmu berpikir, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Perbedaan Osmosis dan Difusi beserta beberapa contohnya. Dalam sebuah istilah ilmiah, difusi dan osmosis merupakan suatu proses pembauran molekul di berbagi wujud zat yang dapat terjadi dalam dua metode diatas.

Meskipun banyak yang beranggapan kedua istilah tersebut sama, namun pada penjelasan sangat berbeda, simak penjelasan dibawah ini:

Penjelasan Difusi dan Osmosis


Difusi

Difusi merupakan sebuah proses molekul sebagai suatu hasil yang diakibatkan oleh energi kinetik yang dapat melekat berdasarkan suatu gerak acak yang dapat terjadi pada zat gas, padat atau pun cair. Difusi juga dapat diartikan sebagai proses perpindahan suatu molekul dari hasil pergerakan cairan yang memiliki konsentrasi yang lebih tinggi ke cairan yang memiliki konsentrasi yang lebih rendah.
Konsentrasi disini merupakan konsentrasi dari zat yang dimaksud telah terlarut. Sebagai contoh proses difusi yang dapat kita temui didalam kehidupan di keseharian kita, yaitu : segelas air teh tawar di campur dua sendok gula dan dalam waktu lambat laun keduanya zat tersebut akan bercampur dan memiliki konsentrasi yang sama.

Osmosis
Osmosis merupakan sebuah proses aliran cairan di antara dua bagian yang terpisahkan oleh adanya membran permeabel atau semipermeabel, atau dengan kata lain bahwa osmosis lebih mengacu terhadap aliran air. Osmosis juga bisa diartikan sebagai sebuah proses dari difusi namun pelarutan ini terjadi melalui membran semi permiabel secara deferensial yang berasal dari suatu cairan yang memiliki konsentrasi yang lebih tinggi ke cairan yang memiliki konsentrasi yang lebih rendah. Ada tiga jenis proses osmosis, yaitu :

  1. Hipertonik
  2. Isotonik
  3. hipotonik

Contoh dari proses terjadinya osmosis bisa kita contoh kan menggunakan buah anggur yang direndam dengan air, jadi molekul air akan melewati dan masuk ke membran sel semi permeable. Dan akibatnya buah anggur akan menggembung.

Perbedaan Difusi dan Osmosis dalam istilah ilmiah dapat dikategorikan sebagai suatu sarana ‘transpor pasif’ karena tidak dibutuhkan suatu energi eksternal untuk aliran molekul.

Meskipun Perbedaan Difusi dan Osmosis sangat jelas, namun Difusi dan osmosis memiliki peran yang memang penting untuk bermain dalam proses organisme hidup untuk mempertahankan homeostasis atau dalam kata lain kondisi internal yang seimbang atau mengatur berbagai mekanisme melalui fungsi selular secara imbang.

Kesimpulan dari apa yang dijelaskan diatas seperti berikut:

Perbedaan Difusi dan Osmosis secara singkat

Perbedaan Difusi dan Osmosis secara singkat

DIFUSI

1. Pengertian Difusi

Difusi merupakan gerakan spontan sebuah partikel dari daerah konsentrasi yang tinggi ke daerah konsentrasi yang rendah.

2. Proses Difusi

Difusi dapat terjadi pada keadaan gas dan molekul cairan atau pun molekul gas. Molekul-molekul gas yang selalu bergerak dan bertabrakan dengan membran. Namun jika tidak ada membran, maka molekul gas akan bercampur karena kecepatan acak.

3. Gradien konsentrasi

Bergerak dari gradien konsentrasi yang lebih tinggi ke gradien konsentrasi lebih rendah.

OSMOSIS

1, Pengertian Osmosis

Osmosis merupakan gerakan secara spontan yang melintasi membran semipermeabel dari daerah konsentrasi zat yang rendah menuju larutan dengan konsentrasi zat yang lebih tinggi, melewati gradien konsentrasi zat larut secara menurun.

2. Proses osmosis

Osmosis terjadi ketika media di sekitar sel mempunyai konsentrasi air yang jauh lebih tinggi dari sel. Sel bertambah air dan di waktu yang sama, banyak molekul penting serta beberapa partikel untuk pertumbuhan dan berpindah dari sel ke sel lainnya.

3. Gradien konsentrasi

Bergerak menuruni gradien konsentrasi.

Perbandingan di antara Osmosis dan Difusi singkat:


Penjelasan Difusi dan Osmosis


  • Proses Osmosis yang akan terjadi ketika membran semi permeable, membran yang dimaksud ini tidak diperlukan di seketika  proses difusi terjadi.
  • Proses berpindah molekul merupakan molekul yang larut bergerak dari konsentrasi lebih tinggi ke lebih rendah, namun yang terjadi pada proses osmosis molekul yang larut, mengalir dengan cara sebaliknya.
  • Proses terjadinya Osmosis hanya terjadi di dua larutan.
  • Proses terjadinya Osmosis terjadi dengan relatif waktu lebih lambat jika dibandingkan sama proses difusi.
  • Proses terjadinya difusi mampu menyebar ke seluruh arah, beda dengan proses osmosis mampu menyebar pada jarak yang lebih dekat.
Demikian penjelasan kita kali ini semoga dapat membantu teman-teman dalam memahami perbedaan Difusi dan Osmosis untuk menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah, jika ada salah-salah kata atau penjelasan didalam artikel ini saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Difusi dan Osmosis Beserta Contohnya Lengkap