Sharing Terus Tanpa Batas

Perbedaan SLR dan DSLR Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Kamera

Perbedaan SLR dan DSLR – Perbedaan kamera SLR dan DSLR ini semakin banyak yang bertanya, ditambah lagi hobby fotografi yang semakin hari semakin menjamur di kalangan masyarakat baik perempuan atau laki-laki terutama remaja. Sehingga perusahaan elekronik terdorong untuk berlomba-lomba menciptakan dan meningkatkan produk-produk kamera para perusahaan besar yang memproduksi kamera canggih di seluruh dunia, sebut saja perusahaan Sahitell, Sony, Canon, Olympus, Minolta, Panasonic, Fuji film, Samsung, Nikon, Pentax, dan Kodak.

Perbedaan SLR dan DSLR nikkon


Perbedaan SLR Dan DSLR pada kamera yang di produksi oleh produsen tersebut sangat banyak baik dalam segi fitur atau fungsi kamera. Bagi seseorang yang baru terjun kedalam dunia fotografi tentu saja akan merasa kebingungan dan kikuk dalam menghadapi fitur-fitur yang terdapat di dalam kamera-kamera canggih tersebut.

Namun secara sederhananya teknologi yang terdapat di kamera tersebut berdasarkan teknik pada pengambilan gambar sebenarnya hanya memiliki 2 jenis perbedaan, yaitu kamera SLR dan kamera DSLR. Untuk sobat pemula yang baru terjun dunia fotografi jarang yang memahami tentang perbedaan dua jenis kamera tersebut, bahkan ada yang menganggap sama.

Oleh karena itulah, untuk sobat yang masih beranggapan perbedaan SLR dan DSLR itu sama cobalah simak beberapa penjelasan tentang perbedaan dari kamera-kamera tersebut.

Perbedaan SLR dan DSLR setidaknya ada 5 hal yang sangat berpengaruh:

  1. Teknik pengambilan gambar.
  2. Media penyimpanan.
  3. Jumlah tombol dan fungsinya
  4. Cara pencetakan gambar
  5. Harga kamera
Agar lebih mudah sobat pahami coba simak gambar tabel mengenai perbedaan SLR dan DSLR dibawah ini:

Perbedaan SLR dan DSLR

Nah sekarang sobat telah tahu tentang perbedaan SLR dan DSLR, sebenarnya perbedaanya sudah sangat tampak berawal dari nama, dan kepanjangan dari singkat SLR dan DSLR itu sendiri. berikut penjelasan secara detailnya:

Perbedaan SLR dan DSLR

1. Teknik pengambilan gambar.

Perbedaan kamera SLR dan DSLR dimulai dari perbedaan singkatan dan kepanjangan coba sobat simak penjelasan dibawah ini.

SLR singkatan dari Single Lens Reflex.
Dari kepanjangan SLR sudah dapat menyimpulkan bahwa kamera tersebut memiliki teknik potret atau pengambilan objek gambar yang menggunakan sistem lensa sejajar yang berjaluur tunggal. Jajaran lensa tersebut berfungsi untuk melewatkan berkas cahaya ke arah Focal Plane dan ke Viewfinder. Dengan kerja sistem ini seorang fotografer dapat melihat objek yang akan dipotret melalui kamera dan akan sama persis dengan hasil fotonya.

DSLR singkatan dari Digital Single Lens Reflex.
DSLR dari singkatan nya menunjukan kamera jenis ini mempunyai teknik pengambilan gambar yang menggunakan pentaprisma serta mechanical mirror system yang berguna untuk mengirim cahaya dari lensa kamera menuju keoptical viewfinder pada kamera.

2. Media penyimpanan.

Perbedaan kamera SLR dan DSLR dari jenis kamera saja sudah berbeda, tentu saja untuk media penyimpanan nya pun berbeda. Sistem penyimpanan pada Kamera SLR biasanya menggunakan jenis analog atau film 35 MM.
Sementara sistem penyimpanan pada kamera DSLR menggunakan slot memori dengan kapasitas penyimpanan yang ditentukan.

3. Jumlah tombol dan fungsinya.

Perbedaan kamera SLR dan DSLR dapat lihat dari keadaan fisik kamera. Pada umumnya Kamera SLR memiliki sedikit tombol, hal tersebut karena fitur yang disediakan terbatas. Sedangkan sobat akan dijumpai dengan jumlah tombol yang sangat banyak sesuai dengan fitur pengambilan gambar yang dimiliki kamera DSLR, misalnya saja pilihan ISO, White Balance, Preset Scenes, Resolusi,dll.

4. Cara pencetakan gambar.

Perbedaan SLR dan DSLR yang satu ini sebenarnya efek dari perbedaan media penyimpanan yang mengakibatkan teknik pencetakan gambar pada kedua kamera ini menjadi berbeda. Dalam proses cetak gambar yang dari kamera SLR hanya dapat dicetak dan dilakuakan di tempat cuci cetak foto negatif di laboratorium, sedangkan gambar yang akan di cetak oleh kamera DSLR hanya pakai teknik printing digital.

5. Harga kamera
Perbedaan SLR dan DSLR sangat jelas terlihat mulai dari harganya. kamera DSLR pada umumnya biasa dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dari pada harga kamera SLR krana kamera DSLR memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih modern.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan SLR dan DSLR pada kamera, buat sobat yang baru mau menerjuni dunia fotografi tentu saja sudah dapat pencerahannya bukan? untuk memulai dari langkah pertama memilih kamera. semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

Terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan SLR dan DSLR Yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Kamera