Sharing Terus Tanpa Batas

Perbedaan Etika dan Etiket Serta Penjelasannya

Perbedaan Etika dan Etiket - Perbedaan antara etika dan etiket sebagian orang mungkin masih memiliki anggapan tentang “Etika” dan “Etiket” bahwa kedua istilah itu memiliki tafsiran dan makna yang sama.

Pada dasarnya memang kedua istilah tersebut sama-sama menyangkut tentang perilaku seseorang, baik orang lain atau diri sendiri, namun sebenarnya kedua  istilah tersebut banyak memiliki sisi perbedaan, perbedaannya terdapat pada segi arti, makna dan atau pun dalam cara menerapkan nya dalam kehidupan di keseharian kita
.
Untuk sobat yang memang belum memahami tentang perbedaan dua istilah tersebut, silahkan sobat simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Etika dan Etiket:

Perbedaan Etika dan Etiket

1. Pengertian Etika

Kata Etika sebenarnya berasal dari dari bahasa Yunani yang disebut  “ethikos” ,dalam bahasa indonesia artinya timbul dari kebiasaan. Ada beberapa versi tentang pengertian dari istilah etika ini, salah satunya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), yang mengartikan etika sebagai sebuah bidang ilmu dalam mempelajari tentang apa yang baik dan buruk, dan juga akhlak ( hak dan kewajiban moral).

Etika juga dapat diartikan sebagai suatu sikap seseorang untuk menunjukkan rasa ketersedian atau pun kesanggupan mentaati sebuah ketentuan dan macam-macam norma kehidupan yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat maupun berorganisasi. Etika juga disebut sebagai sebuah cabang ilmu mengenai kesusilaan yang pada dasarnya terdapat ketentuan yang menyangkut bagaimana sepatutnya seseorang hidup bermasyarakat dan mampu memahami tentang baik atau buruk.

Kapan Etika itu berlaku?

Etika dapat berlaku kapanpun dan di mana pun,terutama dalam bersosialisasi terhadap orang lain dan diri sendiri. Yang artinya etika dapat berlaku bagi siapa saja, dimana saja meski tidak ada orang lain yang menyaksikan.

2. Pengertian Etiket

Kata Etiket sebenarnya berasal dari Bahasa Perancis yaitu “etiquette” yang dalam bahasa indonesia  artinya adalah sopan santun. Sebenarnya banyak terdapat definisi dari kata etiket, Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi etiket sebagai (sopan santun, adat, dan lain sebagainya) sebuah tata cara dalam rangka memelihara sebuah hubungan yang solid di dalam sebuah lingkungan masyarakat.

Istilah Etiket diartikan juga sebagai suatu sikap misalnya sopan santun dalam berhubungan di antara kelompok manusia di dalam pergaulan. Etiket adalah suatu perilaku seseorang yang dianggap sopan, cocok, dan terhormat yang berkaitan dengan kepribadian, misalnya gaya makan, gaya berpakaian, seperti gaya berbicara, gaya duduk, gaya tidur.

Namun karena etiket dimiliki oleh seseorang akan menghubungkannya dengan orang lain, oleh karena itu etiket menjadi peraturan atau sopan santun dalam menjalin pergaulan dalam hidup bermasyarakat. kesimpulannya etiket berkaitan dengan perbuatan, kebiasaan, adat yang menjadi panutan untuk kelompok masyarakat dalam melakukan sesuatu.

Setelah kita membaca penjelasan diatas, kita sudh dapat gambaran bahwa penjelasan tentang makna etika dan etiket sangatlah berbeda di dalam bebarapa kesimpulan yang akan dijelaskan dibawah ini, dapat menunjukan kedua istilah tersebut berbeda.

Perbedaan Etika dan Etiket Serta Penjelasannya

Makna Etika

Istilah etika memiliki sifat yang absolute atau dengan kata lain bahwa etika mempunyai sebuah ketentuan dan prinsip yang tidak dapat dinegosiasikan. Yang dimana seseorang melakukan tindakan yang tidak baik akan mendapatkan hukuman dan yang melakukan tindakan yang baik akan mendapatkan pujian.

Contoh :

Larangan untuk melakukan membunuhan atau pencurian yang memang sudah diajarkan oleh guru mulai dari sekolah dasar(SD) sampai guru agama dan orang tua. Maka jika seseorang melakukan hal tersebut terhadap orang lain maka akan mendapatkan hukuman sesuai ketentuan.

Dan tentang bagaimana cara melakukan suatu perbuatan yang memberikan norma dari perbuatan tersebut juga berkaitean dengan etika. Hal seperti ini memang jarang di perhatikan oleh seseorang dalam pergaulan, terutama di kalangan remaja.

Contoh :

Mengambil barang milik orang lain entah itu berharga atau tidak yang dilakukan tanpa seijin pemiliknya adalah suatu perbuatan yang dilarang, karena pada dasarnya perbuatan tersebut tidak ada bedanya dengan mencuri.

Makna Etiket

Penjelasan Etiket, etiket sebenarnya hanya berlaku di saat kita berada dalam sebuah pergaulan, atau dengan kata lain etiket berlaku jika kita bersama orang lain, teman, kerabat, saudara, atau bahkan istri/suami sendiri. Namun etiket tidak akan berlaku jika kita sedang dalam kondisi sendirian.

Contoh :


Contoh sederhana seperti mengangkat kaki ke atas meja, berbicara pada saat sedang makan dan makan bersama orang lain dianggap cara makan yang tidak sopan atau pun bersendawa, hal tersebut sudah melanggar etiket dan tidak seharusnya dilakukan. Namun ketika sedang sendirian dam melakukan perbuatan tersebut atau pelanggaran etiket lainnya, cara makan yang seperti itu tidak melanggar etiket karena etiket tidak berlaku dan boleh dilakukan.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan Etika dan Etiket yang dapat kita pelajari, mohon maaf jika penjelasan perbedaan etika dan etiket dan contohnya sulit sobat pahami.

Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Etika dan Etiket Serta Penjelasannya